Spesifikasi Harga Review Samsung Galaxy J4 2018 Baru

Spesifikasi Samsung galaxy J4 2018

ArenaTekno – Seperti tahun-tahun sebelumnya Samsung kali ini kembali mengeluarkan galaxy seri J yang paling murahnya, tetapi pada tahun ini terdapat sedikit perbendaan nama, kalo dulu namanya Galaxy J3, pada tahun ini menjadi galaxy J4. Seri galaxy termurah ini berada pada harga 2,1 hingga 2,3 jutaan, dimana samsung akan banyak bersaing dengan smartphone-smartphone dengan spesifikasi yang bagus dengan harga terjangkau seperti zenfone max pro m1, ataupun Xiaomi Mi Note 5 Pro.

Apa saja yang ditawarkan oleh galaxy J4, mampukah smartphone ini bersaing dengan Hp-Hp keluaran cina yang memiliki spesifikasi gahar dengan harga yang terjangkau, simak uraiannya berikut :

Design khas samsung yang mungkin bikin bosan

Hasil gambar untuk galaxy j4 2018

Dari sisi design galaxy J4 tidak mengalami perubahan yang signifikan dengan galaxy J3 2017, design mengotak khas samsung, ditemani juga dengan tombol fisik didepan khas Samsung, membuat setiap orang yang melihatnya pasti akan langsung tau Hp apa yang sedang digunakan.

Dari design layar pun sebagai smartphone termurah yang keluar pada tahun 2018, smartphone ini belum menerapkan layar kekinian rasio 18,5:9, hal ini sedikit mengecewakan mengingat banyak smartphone dengan rentang harga yang sama sudah menerapkan teknologi layar 18,5:9.

Dari segi bahan yang digunakan, smartphone ini menggunakan bahan bagian belakang plastik karbonat, yang bila sobat rasakan cukup kokoh dan padat, tidak seperti plastik murahan. Sedangkan pada bagian panggir bazel nya smartphone ini menggunakan metal khas samsung yang kokoh. Secara keseluruhan untuk fell genggaman smartphone ini tidak mengecewakan, masih terasa solid dan sedikit premium walaupun terbuat dari plastik. Pada bagian belakang sobat juga dapat mencopot baterai, alias smartphone ini tidak unibody.

Performa yang cukup lancar

Hasil gambar untuk pubg mobile low graphics

Untuk sepesifikasi galaxy J4 menggunakan processor Exynos 7570 quad core 1,4 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T720 MP2 dan dibekali ram sebesar 2Gb. Dari segi performa buka tutup aplikasi ataupun multitasking smartphone ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sobat yang biasa menggunakan media social, ataupun aplikasi-aplkiasi populer lainnya. Buka tutup aplikasi cukup cepat, scroll feed instagram cukup responsif, intinya soal performa buka tutup aplikasi dan multitasking smartphone ini cukup memenuhi kebutuhan.

Untuk kebutuhan gaming, awalnya saya sedikit ragu karena smartphone ini hanya menggunakan processor quadcore, tetapi setelah dicoba ternyata galaxy J4 dapat memainkan mobile legend dengan lancar, tidak hanya mobile legend, bahkan game berat sekelas PUBG dapat dimainkan dengan cukup lancar pada setting an terendah. Kesimpulannya untuk soal performa smartphone ini cukup untuk menjalankan aplikasi sehari-hari dan cukup juga untuk bermain game.

Fitur Keunggulan Galaxy J4

Hasil gambar untuk samsung bixby

Agar unggul dari smartphone saingannya tentu saja harus ada pembeda yang dapat menggungguli galaxy J4 dengan smartphone lainnya dengan harga sejenis. Kelebihan yang pertama adalah pada sisi layar, smartphone ini menggunakan layar berjenis super amoled yang hanya beresolusi 720P, walaupun hanya beresolusi 720P layar ini sudah cukup enak untuk dipandang, karena memiliki karakter warna khas dengan saturasi tinggi. Teknologi Super amoled memang sulit ditemukan di smartphone lain selain Samsung.

Fitur lainnya mungkin sobat bisa butuh dan bisa juga tidak, yaitu adanya bixby yang pertama hadir di galaxy S8. Bixby yang hadir hanya bixby versi standar tanpa adanya bixby vision seperti yang ada pada galaxy A6 2018.

Fitur Sedehana yang Hilang

Sayangnya pada galaxy J4 terdapat fitur sederhana seperti sendor cahaya yang tidak ada, padahal ini merupakan fitur sederhana yang disetiap smartphone merek lain sensor ini ada. Ketidak adaan sensor cahaya ini terjadi untuk semua seri J, bahkan galaxy J6 2018 pun begitu.

Fitur sederhana lain yang tidak ada adalah ketidak adaanya sensor sidik jari. Sensor sidik jari kini di tahun 2018 memang sudah menjadi hal biasa yang pada setiap smartphone, terutama untuk rentang harga nya di 2 jutaan. Bahkan xiaomi saja yang harga nya 1 jutaan sudah memiliki sensor sidik jari.

Memang dibalik semua kekurangan itu Samsung memberikan pelayanan after sale yang baik, dan sulit sekali mendapatkan hal ini di smartphone lain.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J4 2018

BODY Dimensions 151.7 x 77.2 x 8.1 mm (5.97 x 3.04 x 0.32 in)
Weight 175 g (6.17 oz)
Build Plastic body
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~71.2% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density)
Multitouch Yes
PLATFORM OS Android 8.0 (Oreo)
Chipset Exynos 7570 Quad
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T720 MP2
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal 16 GB, 2 GB RAM
MAIN CAMERA Single 13 MP, f/1.9, 28mm, AF
Features LED flash, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
SELFIE CAMERA Single 5 MP, f/2.2
Features LED flash
Video

Source GSMarena

Kesimpulan

Kesimpulan dari smartphone ini adalah smartphone ini hanya cocok bagi sobat yang mempunya dana sekitar 2 jutaan dan ingin mempunyai Hp samsung. Bila tidak harus samsung masih banyak smartphone lain yang lebih baik dari galaxy J4 seperti asus ataupun juga dari xiaomi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *