Melihat Spesifikasi Harga Samsung Galaxy A6 2018 Baru

Spesifikasi harga samsung galaxy a6 2018

ArenaTekno.com – Pada tahun ini secara mengejutkan samsung kembali mengeluarkan smartphone middle class nya untuk seri A. Setelah sebelumnya mengeluarkan Galaxy A8 2018, kini samsung mengeluarkan galaxy A6 2018. Pada tahun ini samsung keluar dari kebiasaan lama, yang biasanya mengeluarkan tiga seri A sekaligus yakni A3, A5, dan A7 tetapi pola ini sekarang berubah dengan hanya mengeluarkan dua seri, yang jarak waktu peluncurannya cukup jauh. Oleh karena itu untuk tahun ini jika sobat mencari galaxy A3, A5, ataupun A7 2018 sobat tidak akan menemui smartphone tersebut.

Gambar Samsung Galaxy A6 (2018) Warna Biru

Galaxy A6 2018 Seri A yang Nanggung 

Selain dari penamaan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seri galaxy A6 ini sedikit berbeda dari galaxy seri A yang biasa kita kenal. Kalau dulu seri A dikenal sebagai smartphone versi murahnya flagship samsung, karena seri A menawarkan bahan material dan juga feel yang premium berbahan kaca serta fitur seperti IP68 tahan air dan debu seperti yang dimiliki seri flagship galaxy seri S. Kini samsung galaxy A6 2018 sedikit berbeda karena menggunakan bahan metal dan juga tidak adanya fitur IP68 tahan air dan debu, walaupun bahan metal yang digunakan memang terasa kokoh dan premium berbeda dengan metal yang digunakan pada Samsung galaxy Seri J.

Gambar Samsung Galaxy A6 (2018) Biru, Emas dan Lavender

 

Bahkan untuk urusan design, pada bagian belakang terdapat garis antena yang bila dilihat secara sekilas akan mengingatkan kita dengan galaxy seri J yang memiliki pola garis antena yang sama. Hal yang membedakan hanyalah terdapatnya pemindai sidik jari dan juga design kamera yang terlihat lebih premium.

Performa processor yang nanggung

Hal yang sedikit mengejutkan juga adalah processor yang digunakan pada smartphone ini hanya menggunakan Exynos 7870 octa core yang digunakan pula oleh samsung galaxy A3 2017. Ketika digunakan untuk multitasking dan buka tutup aplikasi memang tidak ada kendala apapun, dan berjalan dengan lancar-lancar saja, karena sangat terbantu oleh 3 Gb ram yang tersedia pada smartphone ini. Hal berbeda akan sobat alami ketika bermain game berat seperti PUBG, barulah terlihat kalau smartphone ini cukup kualahan untuk menjalankan game tersebur. Sobat tetap dapat bermain hanya saja settingan harus di set ke yang paling rendah. Akan tetapi untuk menjalankan game yang sedang-sedang saja seperti mobile legend smartphone ini sudah cukup untuk dapat bermain dengan lancar. Saat di uji dengan antutu benchmark smartphone ini menghasilkan skor senilai 60.000 an.

 Kamera yang cukup bagus khas “Samsung”

Untuk soal kamera samsung menyematkan kamera beresolusi 16 MP dengan bukaan f/1.7 dan kamera depan beresolusi 16 MP  dengan bukaan f/1.9. Sayang nya samsung tidak menyematkan OIS atau optical image stabilizer, dimana fitur ini sempat hadir pada galaxy seri A 2016. Untuk hasil tangkapan kamera belakang pada kondisi siang hari, gambar yang ditampilakn cukup baik dengan saturasi warna yang lebih menonjol khas kamera samsung. Sedangkan pada kondisi kurang cahaya, kamera sangat terbantu oleh bukaan kamera sebesar f/1.7 yang cukup besar sehingga kamera dapat mengambil lebih banyak cahaya yang membuat hasil tangkapan kamera menjadi lebih terang.

Untuk urusan selfie kali ini samsung menyematkan LED flash yang tingkat kecerahannya dapat diatur, ini sangat bermanfaat  pada kondisi kurang cahaya. Untuk hasil tangkapan fotonya gambar yang dihasilkan cukup bagus, walaupun masih sedikit dibawah Hp Hp yang berlabel Hp selfie

Fitur tambahan khas “flahship”

Karena ini adalah galaxy seri A yang dimana seharusnya merupakan seri murahnya dari flagship samsung, maka terasa aneh apabila pada smartphone ini tidak ada fitur khas flagship. Fitur yang disemangatkan tersebut adalah asisten cerdas buatan samsung yakni bixby, tidak hanya bixby biasa tetapi samsung juga menghadirkan bixby vision yang ada pada galaxy S9. Dengan fitur ini sobat dapat mengetahui lokasi tempat sobat berada dengan hanya mengarahkan kamera ke lingkungan sekitar sobat, selain itu sobat dapat menerjemahkan bahasa asing dengan hanya mengarahkan kamera sobat pada sebuah kalimat.

Selain bixyby samsung juga menghadirkan fitur Dolby Atmos, yang kata mereka membuat suara yang dikeluarkan menjadi lebih jernih dan keras. Selain itu Dolby Atmos ini akan lebih sobat rasakan bila menggunakan earphone.

Hasil gambar untuk galaxy a6 2018 dolby atmos

 

Hal lainnya yang membuat smarphone ini terlihat seperti “flagship” adalah ukuran layarnya yang sudah kekinian dengan rasio layar 18,5:9 yang memiliki ukuran sebesar 5.6 inches, menggunakan layar berjenis super amoled. Walaupun hanya beresolusi HD 720p tetapi berkat layar super amoled, smartphone ini jadi sangat nyaman untuk dipandang mata.

Spesifikasi lengkap

Berikut merupakan spesifikasi lengkap dari samsung galaxy A 2016 :

Spesifikasi Galaxy A6
Layar 5,6 inci HD+ (720×1480 piksel)
Aspek Rasio 18,5:9
Kamera Utama 16 MP F1.7
Kamera Depan 24 MP F1.9
Keamanan face recognition, fingerprint
Prosesor Octa Core 1,6 GHz
Internal Storage 32GB
microSD up to 256 GB
RAM 3GB
Baterai 3.000mAh
Dimensi 149.9 x 70.9 x 7.7 mm
Harga Rp3,799 juta

Kesimpulan

Smartphone ini memang terasa “Tanggung” dan ada sedikit penurunan dibandingkan dengan seri galaxy A sebelumnya. Tetapi dengan ukuran layar yang sudah kekinian, bahan bodi metal yang premium dan kokoh, dan juga fitur bixby vision, saya rasa smartphone ini cocok buat sobat yang ingin membeli smartphone samsung dengan sedikit rasa flagship. Tetapi saya tidak merekomendasikan smartphone ini kalau sobat mencari Hp yang tangguh untuk gaming, karena masih banyak smartphone yang lebih murah dan menawarkan processor yang tangguh untuk gaming seperti Asus Zenfone MAx Pro M1, ataupun xiaomi note 5

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *