Cara Mengembalikan stock rom Zenfone 3 dari Custom Rom

kembali stock rom zenfone 3

Costum rom memang memberikan banyak kenyamanan dibandingkan dengan stock rom resmi dan vendor, kenyamanan tersebut seperti user interface murni dari google seperti pada google pixel, kinerja ram dan juga preccesor yang dapat di overclock, managemen ram yang lebih baik, dan lain sebagainya. Kenyamanan akan lebih terasa bila costum rom yang sobat gunakan sudah official dan tidak ada bug.

Tetapi bila terjadi sesuatu hal pada costum rom, seperti costum rom yang tidak stabil, masih terdapat banyak bug disana sini, ataupun versi android yang belum di update oleh developersnya, atau bahkan sobat sudah bosan dengan tampilan yang itu-itu saja dan ingin kembali ke stock rom, di sini ArenaTekno akan mencoba untuk membantu sobat.

Cara ini sebetulnya berguna bukan hanya untuk mengembalikan ke stock rom, tetapi berguna juga saat zenfone 3 sobat terjadi masalah seperti sobat terjebak di logo asus, terdapat masalah dengan recovery mode, dan hal lain yang membuat zenfone 3 tidak dapat masuk ke tampilan awal atau tidak mau booting.

Cara ini saya berikan untuk pengguna zenfone 3 Ze520kl dan juga zenfone 3 ze552kl, tetapi untuk zenfone lain dapat menggunakan cara yang sama tetapi silahkan cari sendiri di google bahan-bahan yang perlu sobat download. Perlu sobat perhatikan cara ini dapat menghilangkan semua data, karena dengan cara ini diperlukan wipe data atau factory reset.

Silahkan sobat download terlebih dahulu file-file berikut ini sebelum memulai :

  1. Recovery & boot zenfone 3 ze520kl | ze552kl
  2. stock firmware zenfone 3 ze520kl | ze552kl, Simpan di mikro SD dan juga memory internal sobat untuk berjaga-jaga
  3. ADB tools

Perlu diperhatikan untuk men download recovery&booting harus sesuai dengan seri srock firmware yang akan sobat download

Cara secara garis besar, kita akan mem flash stock recovery dan juga boot untuk dapat mengganti costum recovery TWRP, mengingat TWRP tidak dapat digunakan untuk flashing stock rom. Stock rom hanya bisa di flashing menggunakan stock recovery. Setelah diganti kita akan melakukan flashing stock rom menggunakan stock recovery.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk Mengembalikan Stock Rom Zenfone 3 dari Custom Rom :

  1. Perlu di ingat sobat perlu menyimpan stock firmware di micro SD dan juga memory internal sobat
  2. Pada PC sobat buat folder dengan nama ADB tools, lalu copy kan file adb tools dan juga file recovery dan boot yang telah sobat download ke dalam folder tersebut. Jalankan aplikasi adb tools, dan akan muncul windows yang meminta untuk di install, sobat hanya perlu mengetikan huruf Y untuk menginstall ADB tools. Proses akan berjalan dengan cepat
  3. 15 Second ADB Installer
  4. Pada zenfone 3 sobat, masuk ke fastboot dengan cara menekan tombol home + volume atas secara bersamaan hingga perangkat bergetar dan masuk ke fasboot mode
  5. Asus Zenfone 3 Fastboot
  6. Sambungkan zenfone 3 dengan PC sobat menggunakan kabel USB
  7. Pada PC sobat, di dalam folder ADB tools tekan shift + klik kanan dan pilih untuk membuka command prompt
  8. didalam command prompt sobat ketikan fastboot flash recovery recovery.img
    proses akan berjalan setelah selesai sobat ketikan kode fastboot flash boot boot.img. Sampai pada tahap ini sobat telah berhasil memasang stock recovery.
  9. Masuk ke stock recovery dengan cara menekan tombol home + volume bawah secara bersamaan hingga perangkat bergetar dan masuk ke recovery mode. Pilih apply update from sdcard dan cari file stock firmware yang sobat telah download, kemudian mulai proses flashing. tunggu hingga proses selesai.
  10. Recovery mode android
  11. Setelah selesai dengan recovery mode lakukan factory reset/wipe data dan juga wipe cache partition. Setelah itu lakukan reboot perangkat.

Sampai di sini sobat telah berhasil kembali lagi ke stock rom setelah sebelumnya berada di costum rom. Bila sobat lupa untuk meng copy kan file stock firmware, sobat dapat melakukan flashing dengan bantuan adb sideload, untuk caranya sobat dapat membaca postingan saya mengenai cara flasing stock firmware dengan adb sideload.

Sekian untuk Cara Mengembalikan Stock Rom Zenfone 3 dari Custom Rom, bila ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar. Terimakasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow US