Memilih Smartphone Android Untuk Gaming Berat PUBG

Update PUBG Mobile Vikendi

Arenatekno – Smartphone Android Gaming Berat – Industri game smartphone sekarang sedang naik daun, karena jumlah penikmatnya yang terus bertambah, dan juga kualitas smartphone yang semakin canggih, membuat para developers game dapat lebih semakin meningkatkan kualitas game yang mereka buat.

Perkembangan industri game mobile ini semakin terlihat dengan sudah banyaknya kompetisi-kompetisi e-sport yang melombakan mobile game seperti mobile legend, AOV hingga PUBG mobile dengan hadih yang sangat besar.

Perkembangan pesat memang terlihat untuk game-game yang kompetitif seperti Mobile legend ataupun PUBG mobile, yang mempunyai jumlah pemain hingga jutaan dan terus berkembang.

Untuk kedepannya diprediksi game-game mobile ini akan terus berkembang dan akan semakin canggih, terutama dari segi pengolahan grafis. Sekarang ini game-game seperti black desert mobile, PUBG mobile sudah memiliki grafis yang mendekati kualitas game konsol.

Untuk itu bagi sobat para pencinta gaming di mobile perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang diperlukan oleh smartphone agar bisa tetap eksis memainkan game-game baru hingga dua atau tiga tahun kedepan. Oleh karena itu kali ini Arenatekno akan mencoba membagikan tips tersebut untuk sobat.

Berikut tips Memilih Smartphone Android Untuk Gaming Berat PUBG :

1. Jenis Processor untuk gaming berat

Processor merupakan hal yang paling utama untuk bisa menunjang pengalaman bermain yang nyaman. Processor ditemani dengan GPU mempunyai tugas utama dalam memproses pengolahan grafis, sehingga saat sobat bermain tidak ada lag, atau slow respon.

Pada smartphone sendiri, para vendor Hp seperti Samsung misalnya, menggunakan merk processor yang berbeda-beda, seperti Snapdragon dari Qualcomm, Helio dari Mediatek, Exynos dari Samsung, dan Kirin dari Huawei. Processor yang banyak beredar untuk saat ini adalah Qualcomm dan juga Mediatek.

Setiap merk processor tersebut memiliki versi processor mulai dari tingkat performa terendah atau entry level, medium level, hingga high-and yang biasanya digunakan oleh smartphone flagship.

Artikel Terkait  CS Go mengeluarkan Mode Battle Royale : Danger Zone

Berikut beberapa versi processor berdasarkan merk yang cukup banyak digunakan saat ini :

     a. Processor Qualcomm Snapdragon

Untuk Snapdragon sendiri, kelas paling rendah nya untuk saat ini di tahun 2019 adalah snapdargon 450, 650, dan 625. Sementara dikelas menengah yang saat ini banyak digunakan adalah snapdragon 636, 660, dan 710. Sementara dikelas tertinggi untuk flagship  adalah snapdragon 845 dan 855.

Untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, saya sarankan sobat untuk memilih smartphone paling tidak menggunakan processor snapdragon 660, seperti yang terdapat di Asus Zenfone Max Pro M2, Redmi Note 7, ataupun di Realme U2 Pro.

     b. Processor mediatek Helio

Untuk Helio sendiri, kelas paling rendah nya yang biasa digunakan di tahun 2019 ini adalah seri Helio P20, 25, X20,X25 hingga Helio P30. Untuk kelas menengahnya sendiri yang cukup banyak digunakan adalah seri Helio P60, dan P70. Sedangkan untuk kelas tertinggi nya adalah helio P90.

Saya sarankan sobat untuk minimal menggunakan Helio P60, yang digunakan di Nokia 5.1 Plus dan juga di Oppo F9 atau lebih baik lagi menggunakan Helio P70 yang digunakan di Realme U1.

     c. Processor Exynos

Exynos merupakan processor yang banyak digunakan di Hp Samsung. Untuk kelas terendahnya sendiri yang banyak digunakan di tahun 2019 ini adalah seri 7870 dan juga 7880. Untuk seri menangahnya yang cukup banyak digunakan adalah seri 7885, dan yang terbaru exynos 7904. Sementara untuk kelas tertinggi adalah Exynos 9810 dan juga Exynos 9820.

Untuk exynos ini saya sarankan untuk paling tidak menggunakan seri exynos 7904 yang ada di Samsung Galaxy M20 terbaru, ataupun paling tidak Exynos 7885 di Galaxy A8 2018.

Artikel Terkait  Daftar HP Termurah Untuk Main PUBG dan Game Berat

     d. Processor Kirin dari Huawei

Untuk kelas terendahnya sendiri ada Kirin 659, processor ini juga sudah tidak gunakan untuk produk terbaru huawei atau Honor. Untuk kelas menengahnya yang sekarang cukup banyak digunakan adalah Kirin 710, dan kirin 970 yang performa nya mendekati kelas high-and. Untuk kelas tertinggi ada Kirin 980.

Untuk processor ini saya sarankan sobat untuk menggunakan Kirin 970 di Honor play, karena Hp ini memang dirancang khusus untuk gaming dengan harga yang bersahabat dan performa yang mantap.

2. Jumlah RAM untuk menunjang Gaming berat

Jumlah RAM untuk menunjang gaming berat sendiri yakni sebesar 3GB ke atas, dimana sekarang sudah banyak vendor-vendor yang mengeluarkan Hp nya dengan RAM paling kecil 3GB, jadi sobat tidak akan kesulitan untuk menemukan Hp dengan RAM 3GB ke atas, dengan harga yang 2 hingga 4 Juta an.

Hp dengan RAM 2GB akan kepayahan karena game mobile sekarang sudah banyak yang berbasis open wolrd yang tentunya membutuhkan RAM yang cukup untuk bisa memproses objek-objek yang banyak sekaligus.

3. Daya tahan baterai untuk bermain game lama-lama

Sedikit sia-sia nampaknya Hp yang sudah menggunakan processor yang tinggi dan juga RAM yang besar tetapi memiliki daya tahan baterai yang tidak sampai satu hari pun habis, maka spesifikasi yang tinggi tersebut tidak bisa ternikmati sepenuhnya.

Pilih lah Hp dengan ukuran baterai yang cukup besar mulai dari 3000 hingga 5000 mAh, sekarang ini sudah ada beberapa Hp yang memiliki spesifikasi menengah dan mempunyai ukuran baterai yang besar, seperti Samsung Galaxy M20 dan juga Asus Zenfone Max Pro M2 yang berukuran 5000 mAh.

Artikel Terkait  Hp-Hp Xiaomi yang Mendapatkan Update MiUI 10

Pilih juga Hp yang memiliki fitur fast charging, karena dengan ukuran baterai yang besar akan sangat lama waktu pengisian dayanya jika memiliki ukuran baterai yang besar.

4. Jenis Layar dan resolusi yang enak untuk bermain game

Ada beberapa jenis layar yang biasa digunakan oleh smartphone seperti, layar berjenis IPS LCD, TFT, ataupun juga oled seperti Super Amoled. Dari ketiga jenis layar Hp tersebut, layar oled seperti Super Amoled dari Samsung memiliki kualitas terbaik dengan saturasi yang tinggi, membuat warna yang dihasilkan nya terlihat hidup.

Untuk saat ini Hp yang menggunakan layar Oled termasuk jarang, kecuali Hp dari Samsung yang kini hampir semua nya menggunakan layar Super Amoled. Selain Samsung ada Google pixel dan juga Iphone X yang menggunakan layar berjenis Oled.

Kebanyakan Hp sekarang ini menggunakan layar berjenis IPS LCD, yang menghasilkan warna yang cukup bagus dan enak dilihat mata. Untuk TFT sendiri sangat jarang Hp yang menggunakannya, dan kualitasnya ada sedikit dibawah  IPS LCD.

Selain jenis layar, ukuran resolusi juga jadi pertimbangan kualitas layar. Resolusi ini akan menentukan ketajaman dan kerapan warna yang dihasilkan gambar. Seminimal mungkin sobat pilih resolusi layar Full HD atau 1080 x 1920. Untuk 2019 ini, Hp kelas menengah sudah banyak yang menerapkan layar beresolusi Full HD.

5. Kualitas Audio

Kualitas audio yang jernih dan keras akan menambah pengalaman bermain sobat. Sobat perlu mengenali terlebih dahulu apakah Hp mendukung speaker stereo atau tidak, atau apakah terdapat dukungan dolby atmos atau Hi-Res Audio yang akan menambah kejerniahan suara yang dihasilkan.

Itu 5 tips Memilih Smartphone Android Untuk Gaming Berat, jika sobat ada tambahan lain selain 5 tips tersebut, silahan komentar dibawah.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *