Fitur-fitur Snapdragon 855 Dengan Dukungan 5G

Fitur-fitur Snapdragon 855

Arenatekno – Fitur-fitur Snapdragon 855 – Qualcomm lewat produk processor andalannya Snapdragon, telah mengeluarkan seri Snapdragon terbarunya. Snapdragon 855 yang berada dikelas tertinggi dan akan digunakan oleh kebanyakan ponsel-ponsel flagship di tahun 2019 seperti Samsung Galaxy S10.

Seperti yang dikutip dari androidauthority.com Snapdragon 855 ini mengalami cukup banyak peningkatan mulai dari peningkatan performa, pemprosesan grafis, bahkan kini supoort 5G yang kemungkinan besar akan mulai diterapkan pada ponsel-ponsel flagship di tahun 2019 nanti.

Apa saja fitur-fitur terbaru dari Snapdrahon 855 ?

Simak Fitur-fitur Snapdragon 855 Berikut yang dikutip dari androidauthority :

Fitur-fitur Snapdragon 855

Performa yang ditingkatkan

Snapdragon 855 memiliki tiga klaster utama yang terbagi menjadi satu buah Kryo 485 yang memiliki clock speed tercepat 2,84 GHz, tiga Kryo 845 yang memiliki clock speed sedikit dibawahnya 2,42 GHz, dan empat Kryo 486 yang memiliki clock speed terendah 1,8 GHz.

Dengan perpaduan tersebut, kabarnya precosssor ini akan lebih efisien dalam penggunaan daya ketimbang Snapdragon 845 tahun lalu. Hal di sebabkan untuk menjalankan perintah yang ringan processor akan menggunakan empat Kryo dengan clock speed terendah, sehingga penggunaan daya akan lebih efisien. Bahkan Qualcomm mengklain Snapdragon 855 ini 4 kali lebih hemat dibandingkan Snapdragon 845.

Qualcomm mengkalim processor ini 45% lebih baik dari segi performa ketimbang processor Snapdragon 845 di tahun lalu. Peningkatan performa ini diakibatkan penggunaakan Cortex-A76 terbaru, yang dikabarkan memiliki peningkatan performa yang cukup besar.

Baca Juga Perbandingan Xiaomi Mi 8 Vs Xiaomi Mi A2, yang terbaik ?

Performa Grafis GPU yang tidak meningkat jauh

GPU yang ada di processor Snapdragon ini bertanggung jawab untuk mengolah grafis terutama saat bermain game dan juga melakukan proses yang membutuhkan proses grafis yang cukup padat, seperti pengolahan gambar.

Kali ini processor 855 akan disandingkan dengan GPU Adreno 640 yang memiliki kenaikan performa sebesar 20% dibandingkan Snapdragon 845 di tahun lalu. Peningkatan tersebut memang tidak terlalu besar untuk sebuah processor flagship, tetapi sudah sangat cukup bahkan sedikit overkill untuk sebuah GPU mobile.

Pengolahan AI yang di Upgrade

Untuk pengolahan machine learning yang merupakan inti dari pemprosesan AI, Snapdragon 855 menggunakan Hexagon 690 terbaru, yang akan bertanggung jawab dalam proses sinyal digital yang lebih cepat.

Hexagon 690 ini yang berperan penting dalam pemprosesan machine learning, dan sudah mendukung fitur mesin AI baru yang juga melibatkan CPU dan GPU. Hal ini akan meningkatkan jumlah pemprosesan menjadi tujuh triliun per detik, yang mana tiga kali lebih cepat dibandingkan Snapdragon 845.

Akan meningkatkan kualitas kamera

Pada processor baru nya ini Qualcomm meningkatkan Image Signal Precessor (ISP) yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pengambilan gambar kamera.

ISP Spectra 380 terbaru memungkinkan suatu ponsel untuk menggunakan kamera tunggal sebsar 48MP atau dua kamera 22MP, untuk tiga kamera Qualcomm belum memberikan keterangan lebih jauh. ISP ini juga sekarang support dengan HDR10+, potrait mode atau mode bokeh pada perekaman video, dan juga mendukung HEIF. Qualcomm juga processor ini akan mendukung fitur perekaman 4K yang support HDR di 60fps.

Fitur Menarik untuk para Gamers

Walaupun GPU Adreno 640 hanya mengalami 20% peningkatan performa dari GPU Seri sebelumnya, tetapi GPU ini memiliki fitur-fitur yang akan memanjakan bagi para gamers di ponsel.

Dengan processor terbaru ini Qualcomm mengklaim dapat mengurangi frame drop sebesar 90% dan juga dapat mengurangi latensi ketika sobat bermain game multiplayer. Hal ini dikarenakan kini developers dapat lebih memanfaatkan fitur HDR, Vulkan 1.1, physically based rendering, untuk dapat meningkatkan pengalaman bermain.

Support dengan 5G

Kabarnya tahun 2019 akan bermunculan ponsel-ponsel flagship yang akan membawa fitur 5G. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Snapdragon 855 akan support kebutuhan 5G pada ponsel. Processor ini akan support untuk menjalankan Qualcomm 5G X50 modem yang dapat menangkap sinyal 5G.

Sumber : androidauthority.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow US