Apa Pengertian Fungsi TWRP di Hp Samsung ? Berbahayakah ?

Pengertian Fungsi TWRP

Arenatekno – Pengertian Fungsi TWRP – Sobat yang ingin meroot Hp Samsungnya pasti sudah mendengar mengenai TWRP custom recovery, yang digunakan untuk me flash aplikasi SuperSU, untuk membuka akses sistem di Hp android.

Untuk beberapa aplikasi yang bersifat tidak resmi seperti SuperSU memang tidak bisa di flash hanya dengan menggunakan stock recovery biasa. File-file tersebut baru bisa dipasang hanya menggunakan custom recovery seperti TWRP.

Tetapi, apakah ada bahayanya memasang TWRP ? untuk menjawab pertanyaan itu arenatekno mencoba mengupas lebih dalam mengenai apa itu TWRP, dan apa saja fungsinya, sebagai berikut :

Pengertian TWRP

TWRP atau kepanjangan dari Team Win Recovery Project merupakan custum recovery yang biasanya banyak digunakan untuk root, flash custom kernel hingga flash custom ROM, yang tidak bisa dilakukan oleh stock recovery.

Jika sobat sudah memasang TWRP ini, secara otomatis maka TWRP akan menggantikan stock recovery di Hp sobat. TWRP sendiri memiliki banyak segudang fungsi yang tidak bisa dilakukan oleh stock recovery, yang biasanya berkaitan dengan flashing beberapa file yang tidak didukung oleh stock recovery.

Artikel Terkait  Melihat Spesifikasi Harga Samsung Galaxy A6 2018 Baru

Berbahayakah TWRP ?

TWRP sendiri sebenarnya merupakan recovery yang dimodifikasi oleh para developer yang tidak akan merusak Hp itu sendiri, tetapi menurut vendor Hp resmi seperti Samsung, memasang TWRP berarti sudah memodifikasi Hp tersebut

Memodifikasi sistem Hp menurut hampir semua vendor akan membuat Hp tersebut kehilangan garansi resmi, karena sistem yang berjalan sudah di modifikasi dan sudah berada di luar tanggung jawab mereka.

Hal yang membuat berbahaya dari memasang TWRP hanyalah masalah keamanan dari sistem android sobat, karena setelah memasang TWRP maka sobat tidak bisa mendapatkan update secara resmi, update ini tentunya termasuk update keamanan.

Khusus Hp Samsung sendiri, dengan memasang TWRP tentunya akan membuat sistem keamanan Samsung atau Knox menjadi tidak aktif, yang membuat Hp akan lebih rentan terhadap malware ataupun virus yang berasal dari internet ataupun dari file luar.

Jadi TWRP ini tidak akan merusak Hp sobat, tetapi hanya melemahkan sistem keamaan yang ada di Hp, walaupun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pihak ke tiga untuk bisa menguatkan keamanan di Hp sobat.

Artikel Terkait  Daftar Aplikasi Agar Cepat Mendapatkan kerja 2019

Berbagai Macam Fungsi TWRP

TWRP memiliki segudang fungsi bukan hanya untuk root saja, berikut beberapa fungsi utama dari TWRP :

          – Untuk Flashing atau install file-file khusus

Banyak sekali file yang bisa di flash atau di install oleh TWRP ini, seperti aplikasi SuperSU untuk root, custom ROM, custom recovery, aplikasi paket google apps, dan masih banyak lagi file yang tidak bisa di flash dengan stock recovery dapat di flash dengan menggunakan TWRP ini.

          – Backup dan restore Full ROM ( Data dan Aplikasi )

Dengan fitur ini sobat dapat mem backup semua data, aplikasi, settingan, hingga full ROM, dan dapat merestore file tersebut ketika sobat membutuhkannya. Biasanya hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila nanti nya terjadi masalah.

          – Terdapat banyak pilihan untuk menghapus file tertentu

Jika ingin menghapus beberapa file untuk meringankan kinerja Hp, TWRP memberikan beberapa opsi mulai dari wipe data, cache partition, internal storage, hingga sistem. Masih terdapat juga opsi factory reset yang biasa ada di stock recovery.

Artikel Terkait  Fitur-fitur Menarik Terbaru Android P Versi 9.0

Berbagai pilihan wipe ini biasanya digunakan apabila terjadi masalah pada Hp atau pun ketika akan memasang custom ROM biasanya perlu melakukan wipe data dan juga cache agar tidak terjadi error.

Kesimpulan

TWRP ini dipakai hanya jika sobat membutuhkan nya saja, misalkan untuk keperluan root ataupun keperluan memasang custom ROM. Karena dengan cara memasang TWRP ini akan menghilangkan garansi Hp sobat, saya sarankan sobat baru memasang TWRP setelah masa garansi telah habis.

TWRP pun relatif aman dan tidak akan merusak Hp sobat bila sobat memasangnya dengan cara yang benar. Cara untuk memasang TWRP ini berbeda setiap Hp, sobat dapat mencari nya di internet khusus untuk Hp yang sobat gunakan.

Setelah memasang TWRP ini sobat masih dapat mengembalikannya ke stock recovery, cara nya pun berbeda-beda untuk setiap Hp.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *