Cara Install Lineage OS 15.1 Zenfone 3 Ze520kl / Ze552kl

 

Lineage OS 15.1 merupakan salah satu costum rom terbaru dari lineage OS, costum rom ini berjalan pada android versi 8.1.0 Oreo terbaru. Semua fitur-fitur baru pada android oreo dapat sobat temukan pada costum rom ini.

Costum rom sendiri merupakan User Interface buatan developers yang tidak resmi bawaan dari vendor seperti Samsung, Oppo dan lainnya. Biasanya vendor-vendor besar seperti Samsung, atau Oppo mempunyai user interface ciri khas mereka sendiri. Costum rom biasanya dibuat oleh orang-orang dari forum XDA Developers yang merasa rom resmi dari vendor ini memiliki kekurangan baik dari performa kecepatan buka tutup aplikasi, performa baterai, dan lainnya. Costum rom biasanya menawarkan performa yang lebih baik, manajemen ram yang lebih baik, fitur overclock CPU dan lain sebagainya.

Lineage OS sendiri merupakan costum rom yang basis rom nya menggunakan AOSP atau Android Open Source Project dengan kata lain tampilan user interface pada rom ini menggunakan tampilan google murni seperti yang sobat temukan pada google pixel, dengan beberapa tweak pada performa, CPU dan manajemen ram akan membuat performa dapat mulus. Keuntungan menggunakan Lineage OS ini pastinya pengalaman sobat dalam membuka aplikasi atau menggunakan smartphone akan lebih nyaman, karena Lineage OS menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan sobat mengguanakan rom bawaan vendor.

Linegae OS yang berjalan pada asus zenfone 3 Ze520KL/Ze552KL sendiri memiliki beberapa fitur, seperti :

  • Up to date kernel: Linux 3.18.109, CAF Tag LA.UM.6.6.r1-08500-89xx.0
  • Security patch level: May 5, 2018
  • Support for F2FS and EXFAT
  • HW acceleration
  • WiFi/Hotspot
  • Bluetooth fully functional, with AptX
  • ANT+
  • GPS (+ Glonass)
  • Camera (Asus Camera mostly working, check the second post.)
  • Flashlight
  • Fingerprint
  • Mobile data and phone
  • Data roaming – read installation instructions!
  • Audio fully functional except for the FM issue below
  • All sensors working
  • Double tap to wake
  • Touch gestures and on-screen nav bar
  • Notification/Battery LED
  • LiveDisplay
  • FM
  • Gapps
  • Substratum
  • Additionally: Wireguard support!

Rom ini masih memiliki sedikit bug yang tidak akan mempengaruhi pengalaman sobat menggunakan smartphone, bugs tersebut diantaranya

  • FM radio: Speaker can’t be enabled.
  • SELinux permissive

Bugs tersbut hanya bugs minor, yang dapat dihilangkan dengan software update.

Sebelum sobat melakukan langkah-langkah yang akan saya jelaskan, perlu sobat ketahui cara ini akan membuat zenfone 3 sobat kehilangan garansi resmi, dan saya sangat menyarankan sobat untuk terlebih dahulu mem backup data-data penting sobat, karena cara ini akan menghilangkan semua data HP. Lakukan semua langkah ini dengan cermat.

Untuk menginstall costum rom lineage OS secara garis besar terdapat tiga langkah, yang pertama sobat perlu unlock bootloader zenfone 3 sobat, setelah itu sobat perlu memasang costum recovery TWRP, setelah itu melalui TWRP sobat baru dapat memasang lineage OS 15.1. Untuk cara unlock bootloader silahkan sobat baca postingan saya mengenai cara unlock bootloader di zenfone 3 ZE520KL/ZE552KL.

Twrp sendiri sangat penting dan sangat mendasar bagi sobat yang ingin root atau memasang costum rom di zenfone 3, atau bahkan di setiap hp android yang akan di utak atik wajib untuk memasang Twrp ini. Twrp ini merupakan costum recovery yang mengijinkan kita untuk dapat menginstall berbagai aplikasi/costum rom, yang tidak dapat di lakukan oleh stock recovery atau bawaan recovery android.

Sebelumnya silahkan donwload file-file kebutuhan untuk menginstall Lineage OS 15.1

  1. Rom Lineage OS 15.1 (Download yang bertipe file zip) Simpan file ini ke dalam memory eksternal/SD sobat, jangan di memory internal
  2. Gapps (Pilih untuk versi android 8.1)Simpan file ini ke dalam memory eksternal/SD sobat, jangan di memory internal. Pilih Gapps sesuai kebutuhan sobat, gapps merupakan beberapa aplikasi penting google.

Untuk menginstall TWRP silahkan ikuti langkah berikut ini, kita akan memasang TWRP melalui ADB :

  1. Zenfone 3 sudah harus unlock bootloader, dan berada pada sistem operasi android Oreo
  2. Download file TWRP, simpan di komputer sobat, download file yang berformat .img. Lalu ubah file namenya menjadi recovery.img
  3. Download ADB Tools, simpan dikomputer
  4. Pada zenfone 3 sobat, izinkan USB debugging dengan cara masuk ke setting > System > About Phone > Cari dan tap 7 kali pada Build Number. Setelah itu akan muncul opsi Developer Options, pilih dan centang Android debugging. Bila sudah sekarang sobat sambungkan zenfone 3 ke PC sobat.
  5. Pada PC sobat buat folder ADB, setelah itu copy kan file ADB dan juga file TWRP  yang telah sobat download ke dalam folder tersebut dan jalan kan file ADB. File ADB akan mulai menginstall setelah muncul window seperti CMD, dan sobat hanya perlu mengtik “Y” untuk menginstall.
  6. 15 Second ADB Installer
  7. Buka CMD atau command promp atau bisa juga WindowPowerShell di folder ADB yang sudah sobat buat dengan cara menekan shift + Klik kanan, lalu pilih CommandPromp atau PowerShell.
  8. Untuk mengecek apakah perangkat sudah tersambung dengan PC ketikan adb devices lalu enter, Jika muncul Pop Up di Asus Zenfone 3 sobat pilih OK. Lalu ketikan adb reboot bootloader maka zenfone 3 akan reboot ke mode FastBoot.
  9. Untuk menginstall TWRP nya sobat ketikan fastboot flash recovery recovery.img , lalu proses instalasi akan berjalan. Setelah selesai sobat ketikan fastboot reboot reboot. Perangkat akan reboot, saat memasuki tampilan unlock bootloader sobat dapat memilih untuk reboot ke recovery dengan cara menekan tombol volume atas atau bawah. Saat memasuki recovery sobat akan dibawa ke TWRP costum recovery. Atau sobat dapat memasuki TWRP dengan cara menekan tompol power + volume bawah secara bersamaan hingga perangkat bergetar lalu sobat akan memasuki TWRP.
  10. Costum Recovery TWRP 3.2.1

Sampai pada tahap 9 sobat telah berhasil memasang TWRP recovery, selanjutnya sobat akan memasang lineage OS 15.1 di zenfone 3 melalui TWRP ini. Ikuti langkah berikut ini :

  1. Masuk ke TWRP dengan cara menekan tompol power + volume down secara bersamaan hingga perangkat bergetar dan sobat akan memasuki TWRP
  2. Pada TWRP lakukan Wipe Data, Cache, Dalvik/Art Cache dan System. Dengan cara memilih wipe > advanced wipe > lalu centang Wipe Data, Cache, Dalvik/Art Cache dan System > lalu swipe to wipe dan tunggu hingga proses selesai
  3. Lalu untuk meng install lineage OS sobat pilih install > Select storage > pilih micro SD card > lalu cari dan pilih file lineage OS yang telah sobat download > install. Lakukan prosedur yang sama untuk menginstall Gapps. Perlu sobat perhatikan setelah sobat selesai menginstall Lineage OS sobat harus langsung menginstall Gapps nya.
  4. Setelah itu lakukan reboot system
  5. Jika sobat telah berhasil maka logo lineage OS akan muncul saat pertama sobat booting.

Sekian untuk Cara Install Lineage OS 15.1 Zenfone 3 Ze520kl / Ze552kl, caranya memang sedikit sulit untuk zenfone 3, tetapi sebanding dengan performa yang akan sobat rasakan setelah sobat mendoba sendiri linegae OS ini. Semoga sobat berhasil dan tutorial ini dapat membantu sobat. Bila ada kesulitan atau pertanyaan silahkan sobat tanyakan pada kolom komentar. Terimakasih

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *