Cara Flash Stock Firmware Rom dengan ADB Sideload

Sobat mungkin pernah mengalami error pada stock firmware rom yang sobat gunakan yang membuat sobat tidak bisa booting atau sobat terjebak pada logo booting. Hal semacam ini biasa dinamakan soft brick, dan salah satu cara untuk mengembalikan fungsi normal smarphone, sobat harus menginstall ulang rom atau pun firmware yang sedang sobat gunakan. Salah satu cara yang dapat sobat lakukan adalah dengan menggunakan fitur ADB sideload yang ada pada  stock recovery bawaan vendor.

Dengan menggunakan ADB sideload sendiri sobat dapat menginstall atau flash  official firmware tanpa harus memindahkan file rom tersebut ke smarphone android sobat. Proses instalasi terjadi dari file rom yang ada di PC dan terhubung dengan smarphone sobat melalui kabel USB. Kekurangan dari cara ini adalah proses instalasi atau flashing yang lebih memakan waktu ketimbang dengan cara konvensional dengan menginstall melalui SD card.

Baca juga Cara Install Costum Lineage OS 15.2 di Zenfone 3 ZE520KL/ZE552KL

Sebelum kita mulai tutorialnya saya sarankan baterai smartphone sobat berada di atas 70% untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bila sudah silahkan download terlebih dahulu berikut ini :

Setelah sobat berhasil mendownload file tersebut, buat folder baru dengan nama ADB tools, lalu masukan file ADB tools pada folder tersebut, lalu jalankan aplikasi. Ketika sobat membuka ADB tools maka sobat diminta untuk menginstall ADB tersebut dengan menekan Y hingga proses selesai. Setelah itu copykan file rom yang ingin sobat install ke dalam folder ADB tools.

Perlu diingat ADB hanya berjalan pada folder ADB tools saja, dan cara menggunakan nya kita perlu bantuan CMD atau command promt yang akan kita bahas nanti.

Untuk cara Flash Install Rom dengan ADB Sideload pada stock recovery silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Sobat masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Home + Power + Volume atas (Untuk HP samsung) hingga perangkat bergetar dan masuk ke recovery mode
  2. Recovery mode android
  3. Pilih apply update from adb
  4. Sambungkan smartphone ke PC dengan kabel USB
  5. Lalu pada folder ADB tools yang sudah sobat buat, tekan shift + klik kanan, lalu pilih command prompt untuk membuka command prompt pada folder tersebut.
  6. Katikan adb sideload nama filestockrom.zip proses akan berjalan
  7. Tunggu hingga proses mencapai 100%
  8. Hasil gambar untuk adb sideload flash zip
  9. Lakukan wipe data/factory reset untuk menghindari terjadi nya error pada rom yang telah di install
  10. Reboot

Sampai pada tahap ini sobat telah berhasil menginstall stock firmware rom dengan menggunakan fitur ADB side load pada stock recovery. Bila sobat ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *