Kelebihan dan Kekurangan HP Android yang diRoot

Kelebihan & Kekurangan Root Android

Ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya mengenai “Semua Tentang Root yang Wajib Anda Ketahui” di postingan kali ini bagi sobat yang masih bingung untuk meroot smartphone android nya atau tidak, ArenaTekno akan mencoba  menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan saat sobat me root smartphone android sobat sebagai berikut.

Kekurangan :

1. Garansi Resmi akan Hilang

Hal ini dikarenakan setiap vendor produsen smartphone melarang system perangkat nya untuk dimodifikasi,  apabila terjadi kerusakan didalam sistem maka pihak vendor tidak ingin bertanggung jawab. Karena root merupakan tindakan yang ilegal maka saran saya bila sobat ingin me root perangkat android sobat, lakukanlah saat masa garansi telah habis.

2.  Keamanan perangkat android sobat akan terancam

Dengan terbuka nya sistem perangkat Android sobat maka setiap malware atau virus berbahaya dari internet akan lebih mudah untuk masuk ke perangkat sobat sehingga smartphone sobat lebih rentan terkena virus ataupun malware. Saran saya adalah gunakan anti virus yang sudah tersedia banyak di google play store.

3. Sobat tidak dapat menggunakan beberapa aplikasi bawaan vendor

Vendor HP biasanya selalu menyematkan aplikasi buatan mereka ke dalam smartphone nya, seperti samsung yang biasanya menghadirkan Samsung Gift ataupun samsung Health pada smartphone terbarunya. Untuk yang satu ini mungkin tidak semua merk HP akan mengalami hal ini. Pengalaman saya saat me root HP samsung saya tidak dapat menggunakan aplikasi samsung health, akan langsung muncul peringatan samsung health tidak dapat digunakan untuk perangkat yang telah dimodifikasi, tetapi untuk menjalankan aplikasi lainnya seperti samsung gift masih dapat digunakan dengan baik. Hal ini dapat terjadi untuk merk hp lainnya ataupun tidak.

4. Tidak dapat mengupdate ke Sistem Terbaru

Bila smartphone sobat mendapatkan update terbaru, misalkan update sistem keamanan ataupun update versi android dari nougat ke oreo yang disediakan oleh vendor, maka sobat tidak dapat melakukan hal tersebut untuk smartphone yang telah di root atau telah dimodifikasi.

Kelebihan :

1. Dapat menjalankan aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh pengguna root

Terdapat beberapa aplikasi menarik yang hanya dapat digunakan bila perangkat sobat diroot, seperti apps2SD, aplikasi ini biasa digunakan untuk memindahkan aplikasi yang memiliki file besar seperti game ke micro sd ataupun digunakan untuk membantu kinerja ram, agar tidak terjadi lag saat menjalankan aplikasi yang banyak sekaligus.

2. Dapat menginstall costum rom

Costum rom adalah firmware atau keseluruhan user interface yang dimodifikasi untuk tujuan tertentu, biasanya untuk meringankan rom sehingga tidak terjadi lag tau hal yang mengganggu performa lainnya. Dengan menginstall costum rom sobat dapat merasakan user interface stock androidnya google pixel di HP samsung misalkan, dengan menginstall costum rom lineage OS yang menggunakan ROM stock android.

3. Dapat Melakukan Tweak pada Sistem

Tweak ini pun biasanya digunakan untuk mempercepat kemampuan perangkat, ataupun untuk memperpanjang umur batrai. Tweak ini biasanya dilakukan secara manual dengan mengubah script pada sistem. Tweak ini biasa digunakan bila HP sobat belum mempunyai cotum rom yang dapat sobat install

Sekian saja untuk kelebihan dan kekurangan HP android yang sudah di root, semoga bisa memberikan pencerahan apakah sobat akan me root HP sobat atau tidak. Root ini memang sangat cocok HP yang sudah berumur panjang dengan RAM yang minim

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *