Cara Mudah Mengosongkan Memori Interal Hp Android

Arenatekno – Sekarang ini kebutuhan akan memori Internal di Android semakin bertambah berbarengan dengan segala aktivitas yang sekarang dapat dilakukan oleh Hp android. Membuat memori penyimpanan menjadi hal yang sangat penting.

Memori penyimpanan internal sangat penting, karena menyimpan hampir semua kebanyakan file yang ada di Hp android, mulai dari aplikasi, sistem android itu sendiri, hingga foto/video ataupun dokumen-dokumen penting.

Sebagian besar memori internal akan terpenuhi oleh aplikasi-aplikasi dan juga file sistem yang tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Sedangkan untuk foto, video, ataupun dokumen-dokumen yang sifat nya dari luar dapat dipindahkan ke memori eksternal.

Terkadang kita merasa memori internal ini, seolah-olah penuh dengan sendirinya padahal kita tidak menginstall aplikasi-aplikasi besar, ataupun tidak menyimpan file-file besar.

Oleh karena itu sebelum kita masuk ke Cara Mudah Mengosongkan Memori Interal di Hp Android, lebih dulu kita bahas mengapa memori internal selalu tiba-tiba penuh dengan sendirinya :

  1. Sistem android menggunakan sistem cache, yang akan menyimpan sementara tugas-tugas yang dilakukan, hal ini bertujuan agar ketika membuka tugas yang sama maka akan lebih cepat. File cache akan disimpan secara otomatis di memori internal yang lama kelamaan tentu saya akan semakin besar.
  2. Foto atau Video desetting untuk menyimpan secara otomatis di memori internal. Untuk masalah ini sobat bisa cek di pengaturan kamera, dimana letak penyimpanan foto.
  3. Pengaturan file download secara otomatis disimpan di memori internal. Masalah ini dapat diselesaikan dengan mengatur halaman download di browser yang biasa sobat gunakan.

Setelah kita mengetahui hal yang menyebabkan memori internal sobat penuh, maka sobat dapat mencegah hal-hal diatas dilakukan di Hp sobat. Untuk yang sudah terlanjur memori internalnya benuh.

Berikut Cara Mudah Mengosongkan Memori Interal Hp Android :

1. Kosongkan Cache dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master

Cara mengosongkan memori internal

Cache ini ternyata file nya sangat besar, bisa mencapai 800 Mb an bila sobat sudah lama tidak membersihkan cache, dan bukan hanya file sisitem saja yang menggunakan cache. Aplikasi-aplikasi seperti Facebook juga menggunakan cache.

Sobat dapat mendownload clean master di sini. Aplikasi tersebut dapat membersih file-file sistem dan aplikasi sementara yang jumlah nya cukup besar. Aplikasi ini ringan dan cukup membantu.

Saran saya lakukan pembersihan berkala, misalkan seminggu sekali agar penyimpanan internal selalu terjaga.

2. Perhatikan, dan buang file-file dan aplikasi yang tidak digunakan

Cara mengosongkan memori internal

Aplikasi menjadi salah satu penyebab utama memori internal penuh, karena aplikasi hanya bisa disimpan di memori internal saja. Sobat perlu perhatikan kembali aplikasi-aplikasi apa saja yang tidak digunakan dan berukuran besar untuk bisa dihapus.

Perhatikan juga foto atau video dari sosial media seperti whatsapp yang biasanya tersimpan secara otomatis digaleri penyimpanan internal. Untuk mematikan fitur otomatis di whatsapp sobat dapat membaca tips dari saya mengenai Cara agar foto/video tidak diseimpan otomatis di whatsapp.

Untuk memanajemen file, sobat dapat menggunakan aplikasi files dari google yang bisa di download di sini. Aplikasi tersebut akan memberikan saran secara otomatis file atau aplikasi apa saja yang disarankan untuk dihapus, seperti file duplikat, foto/vodeo dari Whatsapp, meme, dan aplikasi yang jarang digunakan.

Secara garis besar, dua aplikasi tersebut yang saya sarankan untuk sobat gunakan, karena sudah sangat membantu dalam manajemen memori internal.

Tentu saya sarankan juga sobat untuk menggunakan memori eksternal untuk bisa menyimpan foto, video, lagu ataupun dokumen-dokumen agar tidak terlalu membenani memori internal .

Silahkan isi di kolom komentar bila sobat mempunyai saran lainya.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *