5 Tips Membeli Hp Android Samsung di Tahun 2019

Tips Membeli Hp Samsung

Arenatekno – Tips Membeli Hp SamsungĀ  – Samsung merupakan salah satu produsen smartphone raksasa yang dapat bertahan puluhan tahun dan konsisten menghadirkan Hp-Hp yang berkualitas.

Samsung juga sudah hadir dari saat pertama kali android muncul, yang pada waktu itu mungkin masih menggunakan android gingerbread 2.3, yang bersaing ketat dengan produk Apple.

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam membuat smartphone android tersebut, membuat Samsung mempunyai banyak pelanggan setia yang menunggu produk baru nya keluar setiap tahun.

Samsung juga mempunyai banyak variasi Hp yang tersebar untuk segala segmen konsumen. Mulai dari yang paling terjangkau atau entry level, yang biasa nya ditempati oleh seri Galaxy J, lalu Hp level menengah yang ditempati oleh galaxy seri A, dan yang tertinggi tentu saja seri Galaxy S.

Dengan banyaknya varian tersebut terkadang akan membuat pembeli sedikit bingung untuk membeli Hp yang mana yang sesuai kebutuhan sobat.

Untuk itu lah Arenatekno akan mencoba memberikan tips hal apa saja yang perlu menjadi pertimbangan sobat dalam membeli Hp Samsung di 2019 sebagai berikut :

1. Kenali lebih dalam beberapa varian Samsung Galaxy

Secara umum Samsung memiliki empat varian yang beredar di Indonesia, yakni seri galaxy J, A, S dan Note. Kemungkinan di tahun 2019 ini Samsung juga akan meluncurkan seri Galaxy M yang akan menggantikan seri Galaxy J.

Ketiga seri tersebut memiliki ciri khas masing-masing sebagai berikut :

  • Seri J atau mungkin Seri M di 2019, merupakan seri terendah, yang memiliki harga yang biasanya “terjangkau”. Seri ini biasanya memiliki desain dan juga bahan material yang tidak terlalu premium dibandingkan seri Galaxy A. Biasanya menggunakan alumunium ataupun plastik, tetapi tetap solid. Spesifikasi nya pun beragam, dari yang paling rendah hingga menengah, tetapi tidak akan melebihi spesifikasi dari galaxy A. Seri J juga biasanya hanya akan menerima update sistem android satu kali, setelah itu tidak akan mendapat dukungan kembali.
Artikel Terkait  Cara Foto/Video Whatsapp Tidak disimpan Otomatis di Galeri

 

  • Seri A, merupakan seri menengah dari Samsung. Ciri khas Seri A adalah biasanya memiliki bahan material yang premium yang mirip dengan Galaxy S. Biasanya berbahan kaca di bagian belakang, dan juga memiliki frame berbahan alumunium yang solid. Selain bahan biasanya juga menghadirkan fitur yang mirip dengan Galaxy S, seperti fitur tahan air. Spesifikasi yang ditawarkan biasanya mulai dari level menengah, hingga level yang mendekati high and. Seri A juga biasanya mendukung update hingga dua tahun kedepan.

 

  • Seri Galaxy S. merupakan level yang tertinggi. Semua fitur, spesifikasi, dan design merupakan yang terbaik yang dapat diberikan oleh Samsung. Seri ini tidak perlu diragunkan lagi karena memang menjadi produk yang paling terkenal dari Samasung.

 

  • Seri Note, Seri ini ditujukan untuk produktifitas, tentunya dengan design, fitur, dan spesfikasi yang terbaik dari Samsung Plus fitur S pen yang hanya dimiliki oleh seri Note. Seri note merupakan seri dengan layar terbesar untuk memudahkan produktifitas, ditambah dengan S pen untuk lebih memudahkan dan meningkatkan produktifitas.

Dari keempat seri galaxy tersebut, pilih sesuai dengan kebutuhan sobat, dan sesuaikan dengan budget yang sobat punya.

Artikel Terkait  Cara Melindungi Mata Saat Kelamaan Menggunakan Hp

2. Lihat spesifikasi

Menurut saya ini merupakan salah satu hal yang penting, karena spesifikasi akan menentukan kenyamanan saat menggunakan smartphone. Spesifikasi yang rendah, misalnya dengan RAM 2 GB dan processor yang masih quad core, tentu akan sedikit mengurangi kenyamanan, karena kemungkinan akan ada lag, atau respon yang tidak cepat.

Untuk tahun 2019 ini, saya sarankan untuk memilih Samsung galaxy yang memiliki RAM 4GB, atau paling rendah 3GB. Pilih juga processor yang mempuni, biasanya Samsung menggunakan processor Exynos, pilihlah Exynos 7885 ke atas atau minimal 7870 ke atas, dan tentunya sudah octa core.

Bila sobat gamer, tentunya pilihlah processor yang ngebut di seri exynos 7885 keatas, kalau terkendala budget pilihlah seri 7870 tetapi dengan resolusi layar 720 alias HD bila memang ada. Resolusi yang kecil akan memudahkan GPU untuk merender gambar.

3. Pertimbangkan kemungkinan dukungan Update dari Samsung

Update cukup penting, untuk meningkatkan keamaan dan juga kenyamanan. Update biasanya untuk memperbarui versi keamanan, tambahan fitur, perubahan UI hingga perubahan versi android.

Tentunya agar Hp tetap update satu hingga dua tahun mendatang sobat saya sarankan untuk memilih minimal Samsung Galaxy Seri A ke atas, karena seri J biasanya hanya mendukung update untuk satu tahun saja.

Samsung Galaxy A memang sedikit mahal ketimbang galaxy J tetapi cukup patut dipertimbangkan karena memiliki kelebihan dari segi update, design dan juga fitur yang ditawarkan.

Artikel Terkait  Update PUBG Mobile Map Vikendi Keluar Desember ini

4. Kenali kebutuhan sobat

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk smartphonenya. Bagi yang hobi foto, atau selfie kamera mungkin jadi pertimbangan utamanya. Bagi yang hobi nya bermain game tentu saja spesifikasi dari segi RAM dan juga processor menjadi pertimbangan utamanya.

Biasanya Samsung juga akan merelease Hp nya sesuai segmentasi hobi pembelinya, lihat saja Galaxy A6+ yang jualan utamanya adalah dua kamera belakang dan juga kamera depan yang berukuran besar 24 MP, sangat cocok bagi sobat yang memiliki hobi selfie.

Bagi sobat gamer saya sarankan untuk melihat spesifikasinya, beli lah yang mempunyai RAM 4 GB dan processor exynos seri 7885 ke atas.

5. Pilih yang menggakan jenis layar Super Amoled

Layar super amoled menjadi salah satu keunggulan Samsung, karena layar ini memiliki tingkat saturasi yang tinggi. Hal ini tentu akan membuat layar semakin gonjreng dan semakin enak untuk dilihat. Berhubung layar adalah hal dasar bagi Smartphone karena setiap hari kita pasti melihatnya.

Layar Super Amoled ini spesial karena hanya smartphone Samsung yang memilikinya, bahkan layar Iphone X yang berjenis oled saja merupakan layar buatan Samusng. Oleh karena itu layar ini tidak perlu diragunakan lagi.

Itu lah 5 hal yang harus sobat perhatikan ketika akan membeli sebuah smartphone dari Samsung di tahun 2019 ini. Tentu selebihnya tergantung dari badget yang sobat sediakan untuk membeli Smartphone dari Samsung.

Bila sobat punya saran lainnya silahkan tambahkan dikolom komentar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *